Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

ION SELEKTIF ELEKTRODA


}        Elektroda Selektif Ion (ESI) merupakan metoda yang digunakan untuk menentukan konsentrasi suatu ion secara kuantitatif dengan menggunakan membran sebagai sensor kimia yang potensialnya berubah secara reversibel terhadap perubahan aktivitas ion yang ditentukan.
}        Membran merupakan lapisan tipis bersifat semipermeabel yang memisahkan 2 fasa dengan permeabilitas yang terkontrol.
}        Pada saat kontak dengan larutan analit, bahan aktif membran akan mengalami disosiasi menjadi ion-ion bebas pada antarmuka membran dengan larutan. Jika anion yang berada dalam larutan dapat menembus batas antarmuka membran dengan larutan yang tidak saling campur, maka akan terjadi reaksi pertukaran ion dengan ion bebas pada sisi aktif membran sampai mencapai kesetimbangan  elektrokimia

TUJUAN:
Untuk mengetahui dan mempelajari penerapan Potensiometris penentuan ion tertentu dan juga menetukan kadar ion Sianida menggunakan Elektroda Ion Selektif. 

PRINSIP:
Metoda Potensiometri merupakan suatu cara analisa yang didasarkan pada pengukuran beda potensial yang terjadi diantara sepasang elektroda yaitu elektroda pembanding dan elektroda indikator.
 
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

The Peppermints Shop mengatakan...

pemilihan warna tulisan, font, jenis huruf, warna baground hendaknya lebih diperbaiki ya

Posting Komentar