Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

turbidimetri


TURBIDIMETER

Turbiditas merupakan pengukuran optik dari hamburan sinar yang dihasilkan. Hamburan sinar terjadi karena interaksi antara sinar yang diberikan dengan partikel suspensi yang terdispersi dalam larutan. Partikel-partikel suspensi tersebut dapat berupa lempung alga, material organik, mikroorganisme, material koloid dan bahkan molekul besar sekalipun seperti tannin dan lignin(Saidar,et.al, 2002).

Metode yang biasa digunakan untuk mengukur turbiditas suatu larutan adalah turbidimetri dengan alat turbidimeter. Dasar dari analisis turbidimetri adalah pengukuran intensitas cahaya yang ditranmisikan sebagai fungsi dari konsentrasi fase terdispersi, bilamana cahaya dilewatkan melalui suspensi maka sebagian dari energi radiasi yang jatuh dihamburkan dengan penyerapan, pemantulan, dan sisanya akan ditranmisikan (Khopkar, 2003).

Prinsip umum dari alat turbidimeter adalah sinar yang datang mengenai suatu partikel ada yang diteruskan dan ada yang dipantulkan, maka sinar yang diteruskan digunakan sebagai dasar pengukuran
Fungsi : Turbidimeter adalah salahsatu alat pengujiankekeruandengan sifatoptik akibat dispersisinar dandapatdinyatakan sebagai perbandingan cahaya yang dipantulkan terhadap cahaya yang datang.

Cara Kerja :
1. Persiapkan alatdan bahan
2. hand proof disambungkan denganalat turbidimeter
3. Tekan tombol³on´ pada alat turbidimeter.
4. Hand proof dimasukan kedalamsampel dengan cara memegang kabel dari tabung kecil tersebut
5. skala pengukuran kekeruhan tersebut dibaca

Klasifikasi : Akuatik



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar