Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

AUTOCLAVE




Autoclave adalah alat pengujian yang berfungsi untuk sterilisasi dengan uap panas bertekanan. Autoclave digunakan untuk mensterilisasi alat-alat gelas, kayu, plastic, larutan dan medium yang tidak tahan terhadap suhu tinggi.

Autoclave juga dapat digunakan untuk melisiskan mikroba. Adapun bagian-bagian dari Autoclave adalah panic luar, panic dalam untuk meletakkan alat dan saluran uap, bagian penutup terdiri dari penunjuk tekanan dan saluran uap, terdapat katup dan pengunci. Untuk mematikan spora diperlukan panas basah selama 15 menit pada suhu 121 derajat C.


Autoclave adalah salah satu alat laboratorium yang pasti dimiliki oleh sebuah laboratorium mikrobiologi. Autoclave digunakan untuk melakukan proses sterilisasi terhadap media dan peralatan mikrobiologi sebelum dan sesudah  melakukan analisa.
Salah satu point terpenting dari Good Laboratory Practices, Cara Pembuatan Obat yang Baik atau ISO 17025 terkait autoclave adalah bagaimana kita menjamin bahwa autoclave kita berfungsi dengan baik dalam proses sterilisasi tersebut.
Tindakan yang kita bisa lakukan adalah  :
  • Kualifikasi Autoclave
  • Kalibrasi Autoclave
Ada 3 jenis Autoclave, antara lain :
1. Gravity Displacement autoclave, udara dalam ruang autoclave dipindahkan hanya berdasarkan gravitasi. prinsipnya adalah memanfaatkan kekeringan uap dibandingkan kekeringan udara, sehingga udara terletak di bawah uap.
2. Prevacuum atau High Vacuum Autoclave, autoclave ini dilengkapi pompa yang mengevakuasi hampir semua udara dari dalam autoclave.
3. Steam-Flush Pressure-Pulse Autoclave, autoclave ini menggunakan aliran uap dan dorongan tekanan di atas tekanan atmosfer dengan rangkaian berulang.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar